Meditasi Zikir Sukses dan Kebahagiaan

Meditasi zikir sukses dan kebahagiaan
Zikir merupakan inti ibadah kepada Allah. Baik yang formal seperti sholat, haji, membaca al Quran, puasa semua merupakan bentuk zikrullah yaitu sarana mengingat kepada Allah. Maupun zikir yang nonformal sebagamana dianjurkan supaya kita senantiasa menyebut asma Allah disetiap kesempatan.  Kajian mengenahi zikir pernah dibahas dalam blog ini silahkan kunjungi Meditasi Zikir , Cahaya Zikir Dalam Tubuh Manusia, atau Terapi Dengan Zikir

Makin sering kita berdzikir, akan makin bersih dan tenang jiwa kita. Zikir merupakan kegiatan yang diperintahkan Allah dalam banyak ayat Al-Qur’an, antara lain Al-Ahzab: 41-42, Al-Baqarah: 152, Ar-Ra’d: 28, Ali Imran: 190-191, Az-Zukhruf: 36, Al-Anfaal: 45, Al-Jumu’ah: 10, Al-Ahzab: 35, Al-A’raaf: 205, dan Al-Hasyr: 19. Berdzikir juga diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam banyak hadis.

Al-Qur’an tidak mengatur secara detail tata cara zikir, hanya secara garis besar saja. Akan tetapi, Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita beberapa kegiatan berdzikir, antara lain shalat, membaca Al-Qur’an, membaca Asma’ulhusna, membaca kalimat tahlil, tahmid, tasbih, takbir, dan berdoa.

Dalam dunia tasawuf para ulama ahli zikir mengembangkan metode zikir / thoriqotu zikri dengan berbagai cara. Dan semua memiliki manfaat yang baik bagi kehidupan kita dalam menjalankan tugas-tugas semasa didunia.

Dari berbagai cara zikir yang banyak dikembangkan, kami mengambil kesimpulan dan merangkum secara ringkas sebuah metode agar lebih mudah untuk dipaktekkan. Karena pada kesimpulan kami inti dari pada zikir bukan hanya pada apa yang kita baca tetapi bagaimana sikap lahir dan batin kita saat menjalankan zikir. Bagi kami apapun yang dibaca saat berzikir adalah sama, yaitu sarana komunikasi kita kepada Sang Kholiq. Hanya tinggal disesuaikan saja dengan apa yang sedang kita hadapi untuk digunakan berkomunikasi kepada Allah.

Kami sampaikan demikian sebab dari kalimatnya, zikir berarti ingat. Artinya kegiatan berzikir adalah mengingat Allah. Ingat adalah sadar, dan kesadaran inilah yang perlu kita bangun lebih kokoh pondasinya dan lebih tinggi pemahamannya. Dari sinilah perlunya kita betul-betul menyadari bahwa semua apa yang terjadi adalah kehendak Allah sehingga ketika kita berzikir akan muncul kesadaran kepasrahan kepadaNya, dari kepasrahan akan muncul kesadaran diri bahwa kita adalah makhluk ciptaaNya yang lemah dan Allah lah yang Maha Kuat yang maha menghendaki dan menetapkan segala apa yang terjadi.

Dengan demikian diharapkan pelaku zikir akan dapat merasakan dan menyadari manfaat daripada zikir. Alquran dan hadis telah secara jelas menunjukkan berbagai manfaat dari pada zikir. Zikir yang merupakan kegiatan yang diperintahkan Allah SWT dan Rasulullah SAW memiliki banyak manfaat bagi mereka yang mengerjakannya. Di dalam dzikir tersimpan kekuatan yang menjadikan manusia yang mengamalkannya menjadi lebih baik kualitas hidup dan kemuliaannya. Kekuatan dzikir, antara lain sebagai berikut.
  • Dapat menenangkan hati.
  • Menjadikan hati terbebas dari perasaan kecewa, sedih, jengkel, dendam, dan marah.
  • Menghilangkan stres yang berkepanjangan.
  • Mendapatkan pertolongan Allah, yaitu dikeluarkan dari kesukaran, kesempitan, kepanikan, kehinaaan, kekurangan, dan kekalutan, dan ganti dengan bahagia, aman, sejahtera nyaman, mulia, dan berkecukupan.
  • Dihindarkan dari melakukan perbuatan yang keji dan mungkar.
  • Terlindungi dari tipu daya setan.
  • Mendapat jalan keluar dari kesulitan.
  • Memperoleh rezeki dari tempat yang tidak disangka-sangka.
  • Dicukupkan semua kebutuhannya.
  • Dibukakan pintu kemenangan
  • Diampuni dosanya.
  • Ditambahkan berbagai kenikmatan hidup
  • Ditunjukkan jalan yang lurus
  • Diberi pertolongan dengan kekuatan yang luar biasa.
  • Mendapat perhatian istimewa dari Allah, selama seseorang ingat kepada-Nya.
  • Terhindar dari beban hidup yang berat.
  • Terhindar dari azab yang melampaui batas.
  • Dihapuskan segala kesalahannya
  • Diwafatkan dalam keadaan husnul khotimah.
  • Kebaikannya dibalas dengan balasan yang berlipatganda.
  • Semua urusannya dimudahkan.
  • Mendapat bimbingan untuk menempuh jalan yang mudah.
  • Menerima buku catatan amal dari sebelah kanan.
  • Dimudahkan saat dihisab.

Masih banyak kekuatan dzikir yang lain. Sungguh dzikir adalah aktivitas penuh hikmah.
Berbagai kebaikan yang begitu dahsyat pun akan bisa diraih orang yang senantiasa berdzikir. Jadi, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mengisi waktu kita dengan selalu mengingat dan memuji nama Allah.

Tentu hal diatas tidak semudah membalikkan telapak tangan. Selain konsistensi atau istiqomah dalam melaksanakan zikir, tak kalah pentingnya adalah kepasrahan total kepada Allah serta keihlasan. Ikhlas sendiri merupakan sikap bersih hati dari segala niat kepada selain Allah dan membersihkan hati dari segala ego dan nafsu. Upayakan apa yang kita lakukan saat berzikir adalah merupakan ibadah atas perintah Allah dan bukan karena keinginan nafsu kita.

Sesunguhnya kami menurunkan kepadamu Kitab (Al Quran) dengan (membawa) kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya.
Ingatlah, Hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik). dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): "Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat- dekatnya". Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar. (QS. Az Zumar 2-3 )

“Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagiNya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)”. (QS. Al-An’aam: 162-163).

Metode Zikir Daya Cipta Mtq Naqs

Kenapa kami sebut zikir daya cipta? Karena dari zikir inilah segala kehendak kita akan kita serahkan kepada Allah untuk mewujudkannya. Dan ingat bahwa manusia hanya bisa berusaha, usaha harus dengan cara yang baik dan benar. Adapun hasilnya adalah mutlaq kuasa dan kehendak Allah. Setelah kita berusaha, apapun hasil yang kita dapatkan kita wajib mensyukurinya dan zikir wajib kita lakukan selamanya.
Zikir ini hanya 4 pokok rangkaian kalimat yang nantinya harus dikembangkan sendiri sesuai dengan problem pelaku masing-masing. 4 rangkaian kalimat tersebut adalah :

1.  Ya Allah ampuni segala dosaku
2.  Ya Allah aku memaklumi keadaanku
3.  Ya Allah aku memaafkan diriku
4.  Ya Allah aku mencintai diriku

Contoh praktek ;

  1. Cari tempat yang tenang
  2. Tarik nafas 4 atau 5 hitungan melalui hidung. Saat menarik nafas alirkan nafas ke perut dengan perut dikembungkan dengan hitungan yang sama. Tahan nafas di perut dengan hitungan yang sama. Keluarkan nafas melalui mulut dengan hitungan yang sama. Teknik nafas ini yang umum disebut pernafasan segi tiga. Jika etode ini rutin dilakukan maka akan membantu mempermudah masuk relaksasai dan mengumpulkan energi tubuh dari alam bawah sadar. Teknik pernafasan ini harus dengan kesadaran yang baik / konsentrasi.
  3. Lakukan teknik tarik, tahan dan keluar ini 3 x pengulangan atau lebih. Jika dirasa cukup kemudian lakukan nafas biasa dan santai, tarik dan keluar nafas melalui hidung dengan hitungan seimbang.
  4. Jika sudah dirasa santai afirmasikan teknik meditasi menara cahaya sebagai mana telah dibahas di blog ini. Bagi yang belum melakukan penyelarasan silahkan ikuti petunjuknya, Penyelarasan Energi Quantum Zikir Gratis
  5. Kemudian dilanjutkan dengan afirmasi meditasi daya cipta sebagaimana diatas.
  6. Sebagai pengembangan dari 4 kalimat di atas saya sering memberi contoh kepada peserta misalnya mengenahi suatu masalah yang membuat kita marah dan benci sebagai berikut :
  7. Hadirkan seseorang yang membuat kita marah dan benci dalam bayangan kita
  8. Jaga kondisi kita dalam keadaan tersenyum
  9. Kemudian ucapkan salam kepadanya
  10. Lalu Ucapkan :
  • Ya Allah ampuni kesalahan hamba,
  • Ampuni kesalahan si A,
  • Saya memaklumi keadaan dan prilakunya,
  • Saya memaafkannya,
  • Wahai si A..maafkan aku, karena akupun salah kepadamu
  • Aku mencintaimu karena Allah
  • Baca kalimat tersebut berulang ulang sampai ada rasa lega dihati. Kemudian lanjutkan dengan membaca Istighfar sebanyak-banyaknya
  • Jika dirasa cukup bisa ditutup dengan doa dan syukur kepada Allah yang telah memberi kekuatan kepada diri kita.
Lakukan hal tersebut berualang-ulang sampai kondisi batin kita benar-benar stabil dan tenang. Selain metode zikir secara formal seperti teknik diatas, juga penting dilakukan pada saat-saat dimana memori kita mengingatkan hal yang membuat kita benci dan marah. Spontan kita lakukan dalam hati dengan menumbuhkan kesadaran dan ucapkan afirmasi diatas kapanpun dan dimanapun sampai hati lega. Hal ini akan membantu mempercepat proses keberhasilan dan akan mengasah ketrampilan kita ketika kita menghadapi berbagai hal yang tak terduga. Sehingga stabilitas emosi kita akan selalu terkontrol dan tidak menyimpan memori negatif pada alam bawah sadar kita.

Perlu diingat, bahwa ketika seseorang dalam keadaan marah dan benci, tentu hal ini menjadi berat untuk dilakukan. Tapi justru disinilah letak kekuatan kita dalam mengendalikan diri. Memaklumi dan memaafkan yang diperintahkan oleh Allah merupakan hal wajib kita perjuangkan sebagai wujud ketundukan kita kepadanya dan untuk mengalahkan ego serta nafsu kita. Apa lagi untuk mencintai. Namun disinilah letak kesalahan kebanyakan manusia yang sering menyimpan dendam karena tidak mau memaafkan secara batin.
Kalu akal kita berpikir secara jernih. Apa sih beratnya melakukan hal tersebut diatas. Toh dia juga tidak tahu kalau kita sedang memaafkan dan mendoakannya. Dan yang tak kalah pentingnya adalah manfaat utama zikir ini adalah untuk kesehatan kita sendiri baik lahir maupun batin. Bukankah kita ingin hidup bahagia? Dengan melakukan zikir ini kita akan mendapat asupan vitamin yang sangat berharga dan murah untuk membangun imunitas batin dan lahir.

Manusia yang secara batin tidak mau memaklumi dan memafkan serta mencintai apa yang diciptakan Allah, maka dia akan mendapatkan kehidupanya dalam keadaan suram penuh dendam dan dengki. Hidup tarasa sempit dan otomatis rejekipun juga seret. Sulit untuk bersyukur dan berat untuk beribadah. Karena imunitas batin diri kita lemah sehingga nafsu dan syetan begitu mudah mendominasi. Mencintai ciptaan Allah maksudnya adalah memaklumi dengan sepenuh kesadaran bahwa baik buruk didunia ini adalah ciptaan dan kehendak Allah. dengan demikian kita akan tumbuh kesadaran bahwa kita sedang diuji oleh Allah agar senantiasa bertahan dalam kebaikan. Bukan terjerumus oleh sikap buruk orang lain dan tidak tergelincir dari keadaan yang melalaikan kesadaran kita.

Energi Zikir Meresonasi Alam Sekitar

Hal yang tak kalah pentingnya adalah. Bahwa manfaat dari zikir ini mampu merubah keadaan orang lain. Saya banyak mendapati para peserta yang mengikuti progaram ini mengalami perubahan yang luar biasa. Suatu contoh ada seorang wanita yang memiliki adik ipar. Semenjak menikah, adik ipar ini tidak pernah menyapa walau sekedar basa-basi. Wanita ini juga tidak tahu sebenarnya apa yang menjadi kesalahannya sehingga diabersikap demikian. Hal ini terjadi hampir lebih 5 tahun. Selama itu pula prilaku yang ditampakkan kepadanya merupakan sikap benci dan menghindar. Kemudian setelah melakukan zikir ini selama seminggu, mulai tampak perubahannya. Si wanita ini lebih merasa tenang dan sadar. Lalu adik iparnya tanpa disengaja berpapasan diwarung saat belanja tiba-tiba menyapa duluan. Seketika siwanita ini kaget melihat perubahan yang terjadi namun bisa terkendali dan menanggapi dengan baik. Komunikasi dikeluarga tampak lebih aktif dibanding sebelumnya. Siadik ipar ini tampak lebih semangat dalam bekerja dan beribadah. Dan sampai sekarang sikapnya berubah menjadi lebih baik. Subhanallah Allahu Akbar.

Ini satu contoh yang dapat saya bagikan kepada pembaca. Masih banyak kejadian yang luar biasa yang terjadi yang tidak dapat saya uraikan di sini. intinya zikir ini dapat menjadikan benci jadi cinta, sempit menjadi longgar, susah menjadi bahagia, dan lain-lain.

Metode diatas juga dapat untuk berbagai hal. Misal utuk masalah rejeki. Tinggal kita rangkai kata-katanya yang berkaitan dengan rejeki kita. Misalnya begini :
  • Ya Allah Ampuni aku atas segala dosa dan kesalahan
  • Aku menyesal atas dosa dan kesalahan yang aku lakukan
  • Aku memaklumi keadaanku saat ini, aku maafkan keadanku saat ini, ini adalah kehendakmu dan aku menerima dengan rela. ( lanjutkan dengan membaca istighfar sebanyaknya dengan penuh kesadaran bertaubat)
  • Aku mencintai diriku karena Mu ya Allah. aku bersyukur atas segala nikmat yang telah engkau berikan kepadaku yang tak terhitung dan tak terhingga. Maka mudahkan jalan rizki kepadaku rizki yang banyak halal dan berkah dari segala arah yang engkau kehendaki
  • Lanjutkan dengan membaca Alhamdulillah sembari visualisasikan segala nikmat yang telah kita terima. Mulai dari kesehatan, keadaan lingkungan, orang tua, keluarga, ilmu dan harta benda yang kita miliki, anak isteri dan lain-lain. Sisakan waktu untuk hanya fokus pada kalimat sukur tanpa membayangkan hal lain selain rasa bahagia...
Dalam waktu yang tidak lama, kita akan mendapati berbagai keajaiban sekecil apapun akan tampak didepan mata kita, kita akan mudah bersyukur atas nikmat sebesar apa pun itu. Dan inilah pintu bahagia yang telah dibuka oleh Allah. dengan mampu banyak bersyukur atas segala nikmat, maka janji Allah akan berlaku pada diri kita, yatiu siapa yang banyak bersyukur, maka akan ditambah nikmatnya.  

Untuk zikir kesuksesan cita-cita silahkan dilakukan dalam jangka waktu 21 hari tanpa henti untuk satu hal saja. Kemudian ganti hal lain untuk diprogram.

Allahu ‘alam
semoga bermanfaat amiin



Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

0 komentar:

Posting Komentar